Meresensi Buku Ilmu Pengetahuan - Pedoman Budidaya Lele Dumbo

      Judul Buku         : Pedoman Budidaya Lele Dumbo
      Pengarang           : Tim Karya Tani Mandiri
      Penerbit              : CV. Nuansa Aulia, Bandung
      Tahun Terbit      : 2010 (cetakan ke-2)
      Tebal Buku        : VI + 162 halaman


          Tujuan pengarang menulis buku ini adalah agar para pembaca dapat belajar membudidayakan lele Dumbo dengan baik dan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Mangingat bahwa budidaya ikan lele mudah dikembangkan dan mempunyai peluang bisnis yang cukup besar karena banyaknya minat konsumen.
          Buku ini terbagi manjadi delapan bab dengan masing-masing bagiannya. Bab I merupakan pendahuluan dengan latar belakang, kendala produk budidaya, dan strategi pengembangan budidaya lele Dumbo. Bab II berisi tentang pengenalan ikan lele yang meliputi karakteriktis genetik, habitat, syarat hidup dan kerakteristik ikan lele dumbo. Bab III berisi tentang pembenihan ikan lele yang meliptu syarat pemeliharaan, kualitas beih, teknis pembenihan, penyiapan bibit dan pemijahan. Bab IV berisi tentang persiapan budidaya lele yang meliputi lokasi, persiapan, penyiapan benih, perawatan, penebaran, dan pembesaran benih, serta cara mengendalikan penyakit dan hama pada ikan lele. Bab V berisi tentang budidaya lele dumbo dalam KJA ( Keramba Jaring Apung ) yang meliputi kontruksi, pemilihan lokasi, perencanaan, penyediaan benih, penebaran, pemeliharaan, hingga pembesaran lele dumbo. Bab VI berisi tentang penyediaan pakan lele yang meliputi pakan buatan, bahan-bahan, dan cara membuatnya. Bab VII berisi tentang macam-macam penyakit ikan dan penanggulannya yang meliputi penyebab penyakit ikan golongan parasit, jamur, bakteri, dan cara pengendalian penyakitnya. Bab VIII berisi tentang penanganan panen dan paska panen yang meliputi cara-cara dan penanganan saat panen atau paska panen dan tenang pengasapan panas terhadap mutu dan lama simpan.

          Isi buku sudah lengkap karena diambil dari beberapa sumber terpercaya seperti buku-buku ilmu pengetahuan. Setiap masalah dan penjelasan benar-benar ditulis secara detail dan menyeluruh tanpa kurang apapun.
          Cara penyajian buku sudah bagus dan menarik. Cover disertai gambar ikan lele yang sesuai dan juga dengan warna yang cocok. Selain itu, penulisan judul juga sudah bagus dan terlihat menarik. Font tulisan dalam buku sudah sesuai. Karena tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Sayangnya penampang ilustrasi dalam buku kurang jelas dan sedikit buram. Alangkah baiknya bila ilustrasi tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat jelas ketika dicetak.
          Bahasa yang digunakan lebih cenderung ke bahasa formal yang mudah dipahami. Gaya bahasanya lebih terlihat menggurui pembaca agar dapat melakukan langkah-langkah dengan berpedoman pada buku tersebut.
          Buku ini sangat cocok dibaca oleh para pembudidaya ikan lele ataupun orang-orang yang ingin belajar membudidayakan ikan lele dengan baik. Selain itu tidak menutup kemungkinan juga buku ini cocok dibaca oleh kalangan remaja yang ingin tahu lebih jauh tentang budidaya lele atau sebagai buku referensi pelajaran di sekolah.

0 Response to "Meresensi Buku Ilmu Pengetahuan - Pedoman Budidaya Lele Dumbo"

Posting Komentar